Empathy Project 2019#1

Apr 29 | Report | Stevanus Chandra
Sided

“Empathy is a tool for building people into groups, for allowing us function as more than self-obsessed individuals.” Neil Gaiman

Selama lima tahun terakhir, seluruh program yang telah kami desain berangkat dari perspektif manusia (human-centric) dan kami menemukan bahwa diperlukannya perubahan persepsi mengenai bagaimana kita merancang solusi bagi permasalahaan yang ada di sekitar kita.

Revolusi teknologi telah termanifestasi terhadap bagaimana kita bekerja, berpikir, dan berperilaku. Sebagaimana adanya, dunia telah mengarah ke peradaban yang memaksa kita untuk menjadi kreatif, karena tantangan yang ada semakin lama, menjadi semakin kompleks. Kompleksitas dari tantangan tersebut, hanya dapat diselesaikan melalui aksi kolektif dari setiap individu yang terlibat. Hal ini akan mendorong terciptanya ekosistem yang bertanggung jawab (responsible ecosystem). Namun, responsible ecosystem tidak akan tercipta tanpa adanya empati yang mendorong mendorong individu untuk mengubah persepsi dalam menyelesaikan tantangan, menciptakan perubahan sosial, dan terlibat dalam penciptaan solusi. Kami percaya apabila hal tersebut dilakukan secara kolektif dan terus-menerus, maka akan tercipta dampak positif bagi masyarakat luas. Dengan demikian, jika sekelompok individu memiliki pemikiran yang sama dan mengambil tindakan nyata, mereka akan mengubah dunia. Itulah Raison d’etre dari Empathy Project.

Empathy Project merupakan bagian dari SociopreneurID Education (SIDEd) yang menerapkan pendidikan entrepreneurship untuk semua lapisan masyarakat dalam berbagai latar belakang.

-Dessy Aliandrina, Ph.D (Founder and Executive Director of SociopreneurID)

Download here: http://bit.do/reportEP2019


About Author
1

Stevanus Chandra

Co-Lead Program, Designer, and Researcher

Stevanus explores the intersection of social innovation and human-centered design. A social impact analyst. Driven by research and ethnographic approach. Read More