Baik

Sep 12 | Opinion | Clarissa Amadhea
Crop

Oleh: Nicholas Augustin Jiemas

Dalam bahasa Inggris, “kind” yang berasal dari kata “kin” (kerabat) memiliki arti “jenis”. Kata ini menggolongkan sebuah subyek menjadi dalam sebuah klasifikasi, seperti contohnya kata “mankind” yang berarti “umat manusia”. Namun, kata “kind” juga memiliki arti lain, yakni “perbuatan yang alamiah”. Adapun, penggunaan “kind” identik digunakan untuk mengekspresikan tindakan “kebaikan” yang telah dilakukan oleh seseorang. Dalam opini saya, “baik” di sini berarti tindakan yang tidak hanya dilakukan secara alamiah, namun tindakan ini dapat menjamin keberlangsungan hidup “mankind” atau umat manusia. Apakah benar?

Seorang siswa SMA memiliki perasaan suka pada teman perempuan di kelasnya. Sebut saja namanya Budi dan Anita. Suatu hari, Budi tidak masuk sekolah karena sakit, Ia meminjam buku catatan Anita. Bermaksud untuk melucu, Budi menirukan ucapan gaya bule di pelajaran English, That is very kind of you, thank you!” yang diputar oleh guru English-nya melalui VCD. Walaupun diucapkan dengan tidak serius, Budi tulus menyatakan terima kasihnya pada Anita yang mengantarkan buku catatan langsung ke rumahnya.

Anita merasa senang saat berjalan pulang ke rumah. Ia merasa telah melakukan perbuatan yang baik. Dalam perjalanannya pulang, Ia berpapasan dengan Anesh, seorang warga Malaysia yang kebingungan menuju ke Jl. Malioboro. Anita yang merasa senang memberikan petunjuk pada Anesh untuk mencapai tujuannya yaitu ke Jl. Malioboro. Anita kembali menuai ucapan yang persis dikatakan oleh Budi. Anesh tulus menyampaikan syukurnya atas bantuan Anita karena tanpa petunjuk Anesh tidak tahu berapa waktu yang akan terbuang di liburan singkatnya itu.

Alangkah indahnya hidup bila segenap komponen masyarakat dapat memudahkan satu sama lain. Dengan Anita meminjamkan catatannya, Budi memiliki kesempatan untuk memahami pelajaran, sehingga Ia bisa mendapatkan nilai baik di sekolah, kemudian dapat melanjutkan cita-citanya menjadi seorang guru (dan tentu saja berharap dapat meminang Anita). Dengan Anita menunjukkan Anesh jalan ke Malioboro, Anesh memiliki impresi yang baik tentang masyarakat Indonesia yang diceritakan pada sanak keluarganya, yang membuat mereka ingin berkunjung ke Indonesia. Dengan adanya orang yang berkunjung ke Indonesia, pendapatan negara bertambah, dan kemudian Pemerintah dapat menggunakan dananya untuk membangun negeri.

Tentu saja ilustrasi yang diberikan adalah simplifikasi terhadap dampak perilaku “baik” yang kita berikan pada orang lain. Ilustrasi tersebut bermaksud untuk menawarkan pemahaman bahwa perilaku “baik” memaksimalkan keluaran dari setiap momen. Tentu kita pribadi juga ingin dimudahkan. Sebagai bagian dari masyarakat, kita membutuhkan bantuan orang-orang di sekitar untuk hal-hal yang berada di luar jangkauan kita. Saya rasa inilah yang diungkapkan orang saat mengucapkan doa “Semoga dimudahkan ya…”.

Tetapi, saya tidak setuju bahwa berbuat baik perlu diiming-imingi imbalan perbuatan baik juga terhadap kita karena dengan demikian jika tanpa imbalan kita tidak berbuat baik, pun kalau ada yang berbuat baik dengan tujuan tertentu citra berbuat baik luput dari keluhuran alamiah manusia yaitu ketulusan. Kendati demikian, intensi orang di luar kontrol kita. Apa yang dapat kita lakukan adalah terus berbuat “baik” bagi sesama kita secara tulus. Akhir kata, saya mengucapkan pada Anda yang membaca agar segala perkara dimudahkan, dan tentunya memudahkan pula.

About Author
Foto dhea

Clarissa Amadhea

Co-Lead Program of SIDPub

Clarissa has been volunteering since her teenage years. Mostly, she volunteered on educational causes for youth. She also has a long-standing interest in art and media productio... Read More