Bermain sambil Belajar di Anak Hebat Anak Indonesia (AHAI)

Sociopreneur Indonesia (SociopreneurID) kembali mengadakan Anak Hebat Anak Indonesia (AHAI) di MIN 6 Tangerang pada Sabtu (31/8). AHAI merupakan bagian dari program-program SociopreneurID Education (SIDEd) yang bertujuan untuk menumbuhkembangkan PhISeS Skills (Physical Skill, Intellectual Skill, Social-Emotional Skill, dan Spiritual Skill).

Selain itu, program-program yang dikembangkan pada SIDEd merupakan komitmen SociopreneurID untuk mengembangkan pendidikan entrepreneurship untuk seluruh lapisan masyarakat di Indonesia.

AHAI kali ini diikuti oleh 113 murid kelas V yang dibimbing oleh 20 orang volunteer dan 6 orang panitia dari SociopreneurID. AHAI memiliki tujuan untuk menumbuhkembangkan kreativitas, kemampuan penciptaan nilai tambah, komunikasi, dan kolaborasi melalui serangkaian permainan kreatif yang asyik dan menyenangkan.

Aktivitas permainan pada AHAI mengajak anak untuk berani bermimpi, berani mencoba dan tidak takut akan kegagalan –yang sejatinya merupakan sifat dasar dari seorang entrepreneur. Anak-anak juga diajarkan untuk dapat bertanggung jawab atas dirinya sendiri, orang-orang yang ada di sekitarnya dan kepada lingkungannya sendiri.

Pelaksanaan AHAI berlangsung setengah hari dimulai dari pagi hingga menjelang siang. Energi positif dari anak-anak dan para volunteer sangat dirasakan selama kegiatan berlangsung.

“Awalnya, anak anak di kelompok saya agak susah untuk diam, tapi lama kelamaan ternyata seru sekali bermain bersama mereka. Memang melelahkan, tapi terbayarkan oleh tawa dari adik-adik.”

Pihak MIN 6 Tangrang juga menyambut AHAI dengan baik. Kegiatan ini diharapkan dapat direplikasi atau dilaksanakan secara rutin di sekolah-sekolah lainnya.

“Menanamkan kreativitas melalui serangkaian permainan yang memiliki nilai edukasi bagi kami merupakan sebuah konsep yang menarik. Semoga dapat diadakan lagi di MIN 6 Tangerang,” ujar Rafiudin, M.Pd selaku kepala MIN 6 Tangerang.

https://www.goodnewsfromindonesia.id/2019/09/01/bermain-sambil-belajar-di-anak-hebat-anak-indonesia-ahai